Rabu, 02 November 2011

Meditasi Tingkatkan Kekebalan Tubuh

image



Meditasi ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mental kita klaim para ilmuwan dari Harvard University dan Justuc Liebig University.

Diterbitkan dalam jurnal Perspektif Psychological Science, penelitian ini mengungkapkan bahwa meditasi dapat mengarah pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh, mengontrol tekanan darah dan memperbaiki fungsi kognitif otak.
"Tujuan penelitian ini adalah mengungkap kompleksitas konseptual dan mekanistik kesadaran" jelas pemimpin penelitian Dr Hazel Britta. 
Menurut Britta ada empat komponen kunci dari praktek meditasi yang dapat menguntungkan yaitu, perhatian, kesadaran tubuh, regulasi emosi, dan kesadaran diri. Dengan memahami hubungan antara komponen tersebut dan dihubungkan dengan mekanisme otak yang mendasari mereka, akan memungkinkan dokter untuk melakukan intervensi perhatian khusus bagi pasien mereka.
Britta dan rekannya pun berharap penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan meneliti topik yang memungkinkan pasien untuk memanfaatkan meditasi sebagai alat kesadaran serbaguna untuk memfasilitasi perubahan baik dalam psikoterapi dan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar